Dari Proses Kulak’an Sampai Dengan Proses Jualan, Beginilah Kegiatan PAT Entrepreneurship

Dalam rangka menanamkan jiwa Entrepreneur sejak dini, siswa kelas I SD Islam Terpadu At Taqwa 2 diajak melakukan praktik jual beli di lingkungan Sekolah At Taqwa di Bangkingan Lakarsantri Surabaya, Jumat 14 Februari 2020.

Kegiatan praktik jual beli dilakukan siswa kelas I pada moment Perayaan Akhir Tema Entrepreneurship. Seluruh siswa diajak oleh guru-guru bagaimana memulai proses jual beli. Tahapan dari kulak’an sampai jual beli benar-benar dilalui oleh siswa.

Kegiatan Perayaan Akhir Tema (PAT) Entrepreneurship dimulai pukul 07.30 WIB dengan dibuka oleh Kepala SD Islam Terpadu At Taqwa 2 Ustadz Johan Eka Wardana. Beliau menyampaikan bahwa setiap muslim harus memiliki jiwa entrepreneur. Seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah Muhammad SAW. Rasulullah merupakan contoh Entrepreneur Sejati. Setelah dibuka oleh kepala sekolah, siswa dijelaskan proses jual beli yang harus dilakukan hari ini oleh Ustadzah Mihda selaku Sie Acara.

Tahap pertama yang dilakukan siswa adalah Tahap Kulak’an. Di tahap ini, siswa membawa modal Rp.3.000,00 yang diberi oleh orang tua masing-masing. Dengan modal itu, siswa kulak’an di stand yang disediakan oleh guru. Barang yang dikulak adalah snack-snack kesukaan anak-anak usia SD – SMP. Setiap sncak dihargai Rp. 500,00 sehingga dengan modal yang ada, setiap siswa dapat mengambil 6 snack.

Kemudian di tahap kedua, siswa diajak untuk melakukan proses pengepakan. Tahap pengepakan (packing) ini dilaksanakan di kelas. Dengan bimbingan dari Ustadz/Ustadzah, siswa setiap kelas membungkus 6 snack yang sudah dikulak tadi dengan plastik serapi mungkin. Seluruh siswa tampak menikmati proses pengepakan ini.

Setelah 30 menit membungkusi snack, seluruh siswa langsung mengunjungi kawasan SMP Islam Terpadu AT TAQWA untuk melakukan tahap penjualan. Tepat di jam istirahat siswa putri SMPIT AT TAQWA, siswa kelas 1 menawarkan barang dagangannya. Ternyata siswa kelas 1 sangat antusias ketika berjualan. Hal itu membuat siswa SMP juga bersemangat membeli dagangan adik kelasnya tersebut. Alhamdulillah tepat pukul 10.00 WIb kegiatan ini selesai dengan baik. Dari kegiatan ini, siswa benar-benar diajarkan proses jual beli dari proses kulak sampai penjualan. Nantinya diharapkan bahwa setiap siswa mengetahui proses jual beli sesungguhnya. Sehingga mampu menjadi Entrepreneur Sukses seperti yang dicontohkan Rasulullah Muhammad SAW.

Setelah waktu Dhuhur, siswa-siswi masih diajak beraktivitas yang menarik, yaitu Cooking Class. Cooking Class kali ini mengajak siswa untuk membuat desain roti yang menarik. Sebelumnya siswa sudah membawa roti tawar dan selai dari rumah. Di kelas itu, siswa mendesain roti tawar yang sudah dibawa dengan menggunakan cetakan berbagai bentuk animasi yang sudah disediakan oleh Ustadz/Ustadzah. Setelah membentuk roti tawarnya dengan menggunakan cetakan, mereka menambahkan selai di permukaan roti. Bentuk yang dihasilkan pun berbagai macam. Mereka sangat menikmati aktivitas ini.


Published on  May 5th, 2020

Categories

    At-Taqwa Site Link

    • SMA-IT AT-Taqwa
    • SMP-IT AT-Taqwa
    • SD-IT AT-Taqwa
    • TK-IT AT-Taqwa
    • Day Care At-Taqwa
    • LAZ At-Taqwa
    • Toko At-Taqwa

  Copyright © 2012. Dari Proses Kulak’an Sampai Dengan Proses Jualan, Beginilah Kegiatan PAT Entrepreneurship . All Rights Reserved. | Template by Henry Saudale